SISTEM DATABASE MYSQL PADA SOFTWARE MINIMARKET

Dibuat oleh Habli, Tanggal : 2016-03-13 pada halaman tutorial

Sekarang kita akan rehat sejenak dari tutorial-tutorial Software, mungkin sekilas Anda berpikir bagaimana Software Kami bisa bekerja. pada halaman depan Web, dijelaskan Software yang Kami berikan pada Anda menggunakan Sistem Database MySQL, apa sih sistem Database MySQL?

Kami tidak akan menggunakan bahasa-bahasa rumit atau istilah pemrograman dalam dunia IT untuk menjelaskannya pada Anda, karena Kami yakin Anda tidak akan mau ambil pusing bagaimana cara sistem Software Minimarket bekerja dengan bahasa-bahasa pemrograman untuk mengolah data untuk transaksi, laporan, data barang, data karyawan, dsb.

             

Kami akan sekilas saja menginformasikan bagaimana Software Kami bekerja dengan menggunkan Sistem Database MySQL sehingga Anda benar-benar percaya produk yang Kami berikan merupakan produk yang baik dari yang terbaik.

Sekarang Kita akan bedah satu-persatu, cekidoooot...

Apa Sih Database?

Database merupakan sekumpulan informasi atau data yang saling berhubungan yang mempunyai tujuan tertentu.

Terdapat dua macam Database:

  • Database Flat

    Database Flat sering dipakai untuk data yang jumlahnya kecil. Flat file terdiri dari satu file atau lebih yang dapat diuraikan untuk mendapatkan informasi. Database Flat berisi file atau tabel yang berdiri sendiri tanpa keterangan dengan file maupun tabel yang lain. Contoh: File dokumen Microsoft Word.

  • Database Relasional

    Database Relasional sering dipakai untuk data yang jumlahnya skala besar yang menggunkan bahasa pemograman. Database Relasional berisi file atau tabel yang saling berkaitan antara tabel yang satu dengan yang lain. Contoh : File atau tabel data barang pada Software Minimarket. File atau tabel ini akan berkaitan dengan tabel satu dengan tabel data yang lainnya.

Pada database relasional. Ada tabel-tabel yang menyimpan data. Setiap tabel terdiri dari kolom dan baris. Sebuah kolom mendefinisikan jenis informasi apa yang akan disimpan. Kamu memerlukan kolom khusus untuk setiap jenis informasi yang ingin kamu simpan pada Software Minimarket (misalnya nama barang, harga beli, harga jual, dsb).

Contoh, misalkan pada Software Minimarket: Nama Barang: Indomie Goreng, Harga Beli: 1350, Harga Jual 1450, Stok:145, Kode Barcode: 0089686010824, Expire Date:21/08/2016, Satuan Beli: DOS, Satuan Jual: BKS.

Mengapa Menggunakan Database?

Database akan menjadi sangat berguna saat Anda menyimpan informasi yang dikategorikan secara logis. Contoh, misalkan Anda ingin menyimpan informasi tentang data barang pada minimarket Anda. melalui database, Anda bisa mengelompokkan berbagai hal yang ada pada Toko Minimarket Anda menjadi beberapa tabel. Contoh tabelnya bisa data barang, penjualan, laporan, data karyawan, piutang, dan transaksi penjualan pada software minimarket.

Apa Sih MySQL ?

Nah, sekarang kita berlanjut dengan Database MySQL, MySQL ini termasuk pada jenis databse relasional. MySQL merupakan wujud dari sistem manajemen basis data relasional yang Open Source Program di bawah lisensi GPL (General Public License). Database MySQL dapat diolah untuk menambah, mengakses dan memproses data yang tersimpan pada komputer.

Kenapa Software Kami Harus Menggunakan MySQL ? 

MySQL merupakan database yang sangat cepat, dapat diandalkan dan mudah untuk digunakan. serta pengaksesan database dapat dilakukan dengan mudah dan cepat tentunya ini sangat membantu Anda dalam melayani pelanggan Anda dengan cepat, mudah dan praktis.

Berikut ini beberapa kelebihan MySQL, antara lain:

  • Source MySQL dapat diperoleh dengan mudah dan gratis.
  • Bahasa Pemrograman lebih mudah dipahami dan tidak rumit.
  • Pengaksesan database dapat dilakukan cepat dan mudah.
  • MySQL merupakan program yang multithread (pengeksekusian yang mengizinkan beberapa koneksi  dalam sebuah proses, saling berbagi sumber daya tetapi dapat dijalankan secara independen oleh pemilik).
  • Memiliki kemampuan yang sangat baik untuk mendukung kepentingan mulstiuser (bisa dijalankan oleh banyak user dalam satu waktu tanpa perlu mengalami kendala).
  • Dapat dikoneksikan pada bahasa pemrograman seperti C, C++, Java, Perl, PHP dan Python.
  • Bekerja pada berbagai sistem operasi seperti Linux, Windows, MacOS, Android, IOS, dll.
  • Memiliki jenis kolom yang cukup banyak sehingga memudahkan konfigurasi sistem database.
  • Memiliki sistem sekuriti yang cukup baik dengan verifikasi host.
  • Bisa dijalankan pada spesifikasi hardware yang rendah karena lebih hemat resource memory (dibandingkan database lain).

Berikut ini beberapa kekurangan MySQL, antara lain:

  • Sulit untuk diaplikasikan pada intansi atau perusahan dengan database yang sangat besar
  • Sulit mendapatkan  update untuk problem yang urgent
  • Tidak populer untuk aplikasi game dan mobile

Kenapa Software Kami tidak menggunakan sistem Database yang lainnya?

Kami hanya akan memberikan Software Kami untuk Anda, yang baik dari yang terbaik untuk usaha Anda dan Sistem Databse MySQL adalah yang terbaik dari yang baik.

Keuntungan dari sistem yang menerapkan Multithread adalah:

  • Responsif > Aplikasi interaktif menjadi tetap responsif meskipun sebagian dari program sedang diblok atau melakukan operasi lain yang panjang. Umpamanya, sebuah thread dari web browser dapat melayani permintaan pengguna sementara thread yang lain berusaha menampilkan gambar.
  • Berbagi Sumber Daya >Beberapa thread yang melakukan proses yang sama akan berbagi sumber daya. Keuntungannya adalah mengizinkan sebuah aplikasi untuk mempunyai beberapa thread yang berbeda dalam lokasi memori yang sama.
  • Ekonomis > Pembuatan sebuah proses memerlukan pengalokasian memori dan sumber daya. Alternatifnya adalah dengan menggunakan thread, karena thread membagi memori dan sumber daya yang dimilikinya sehingga lebih ekonomis untuk membuat thread dan context switching thread. Akan susah mengukur perbedaan waktu antara thread dan switch, tetapi secara umum pembuatan dan pengaturan proses akan memakan waktu lebih lama dibandingkan dengan thread. Pada Solaris, pembuatan proses memakan waktu 30 kali lebih lama dibandingkan pembuatan thread sedangkan prosescontext switch 5 kali lebih lama dibandingkan context switching thread.
  • Utilisasi Arsitektur Multiprosesor > Keuntungan dari multithreading dapat sangat meningkat pada arsitektur multiprosesor, dimana setiap thread dapat berjalan secara paralel di atas procesor yang berbeda. Pada arsitektur processor tunggal, CPU menjalankan setiap thread secara bergantian tetapi hal ini berlangsung sangat cepat sehingga menciptakan ilusi paralel, tetapi pada kenyataanya hanya satu thread yang dijalankan CPU pada satu-satuan waktu.

Itulah sekilas tentang Database MySQL yang kami gunakan dalam Sofware Kami, dengan adanya penjelasan singkat ini semoga Anda tahu bagaimana Software Kami bekerja dengan baik dari yang terbaik.

sumber: berbagai sumber